Friday, March 6, 2015

Drum Yang Paling Mahal

Belajar Drum Iman Prabawa - Ada yang bertanya mengenai drum yang paling mahal. Nah oleh karena itu saya ingin sharing mengenai hal ini, ini juga dijawab di salah satu group yang ada di facebook, Ikatan Drummer Indonesia.

Yuk langsung aja kita simak artikelnya..


Drum Yang Paling Mahal


Ini salah satunya saya copy pastekan juga sehingga teman-teman tahu dan bisa mendapatkan manfaat juga.

Faktornya bnyk bgt.. dari merek, brp bnyk drum,hardware brp bnyk, cymbal jg brp bnyk, limited edition atau ga, customized atay ga, n others.

Kalau ngomong standard 5 pcs drumset (no cymbal/hardware) n not limited edition, ini list bbrp:

Yamaha PHX
Sonor SQ2
Pearl Masterwork
DW Collector Exotic
Tama Star (kalau ga salah Bubinga atau Walnut yang paling mahal)

Banyak faktor yang membuat harga sebuah drum menjadi sangat mahal. Bahkan list drum yang diatas itu harganya bisa ratusan juta, tergantung set drum yang kita inginkan itu seperti apa. Makin banyak jumlah piece drum kita pastinya akan jauh lebih mahal.

Menggunakan dua buah bass drum dibandingkan dengan drum set yang hanya menggunakan satu buah bass drum untuk satu merek tertentu pastinya jauh lebih mahal. Yamaha Phoenix dengan satu bass drum pastinya jauh lebih murah ketimbang Yamaha Phoenix dengan dua buah bass drum.

Nah semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat, dan buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi yang lebih lagi dan berurutan silakan bisa ikutan menjadi member aja di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com. Cara menjadi membernya gimana? Cukup teman-teman punya akun gmail dan bersedia membayar sejumlah uang tiap bulannya sebagai biaya iuran tiap bulan.

Berapa sih biaya iuran tiap bulannya? Yuk langsung aja kita klik pada banner di bawah ini untuk detail mengenai hal itu.

http://iman-prabawa.blogspot.com/p/biaya-kursus.html

Kalau begitu saya sudahi dulu artikel mengenai drum yang paling mahal ini. Salam drummer!



Baca juga :
  1. Cara Mendapatkan Sound Drum Yang Asik
  2. Cara Bermain Drum Untuk Pemula
  3. Latihan Double Pedal Tanpa Double Pedal

Thursday, March 5, 2015

Cara Mendapatkan Sound Drum Yang Asik

Belajar Drum Iman Prabawa - Gimana sih cara mendapatkan sound drum yang asik? Hal ini menjadi pertanyaan banyak drummer tentunya. Apakah dengan kita membeli drum yang mahal baru kita bisa mendapatkan sound drum yang asik? Bisa jadi! Drum yang mahal sudah pasti soundnya bagus, tapi belum tentu kita akan suka dan cocok dengan suaranya.

Kalau kita misalnya seorang rocker dan kita salah beli drum, misalnya, kita membeli drum mahal, katakanlah DW Jazz Kit. Nah itu kan soundnya lebih ke jazz, agak repot juga untuk kita bisa mendapatkan sound rock dari drum tersebut.

Proses pencarian drum ini adalah proses yang cukup kompleks, karena untuk mendapatkan sound drum yang asik prosesnya panjang. Ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai terlebih dahulu untuk seorang drummer bisa mendapatkan sound yang asik dari drumsetnya dia.

Cara Mendapatkan Sound Drum Yang Asik


Saya kemarin menemukan videonya Drumeo, dimana di video tersebut dia mendemokan gimana drum murah bisa menghasilkan sound drum yang bisa dibilang enak. Harga drum tersebut sangat murah, 125 dollar, yang kalau dikurs rupiahkan kira-kira 1,6 juta. Murah lho bisa dapat satu set drum dengan harga 1,6 juta.

Dan drumheadnya pun masih pake drumhead bawaannya, jadi tidak diganti menggunakan drumhead mahal sama sekali. Tapi teman-teman bisa melihat hasil sound pada akhirnya. Kita tonton aja yuk pada video berikut ini.




Nah keren kan? Bisa kaya gitu hasil akhir sound drumnya dari sebuah drum murah. Untuk bisa mendapatkan sound drum yang asik seorang drummer pertama harus mempunyai kemampuan untuk tuning. Ini dulu yang harus dikuasai oleh seorang drummer untuk bisa mendapatkan sound drum yang asik dari set drumnya dia.

Setelah itu kemampuan kedua yang harus dimiliki oleh seorang drummer adalah kemampuan untuk membalance permainan drumnya dan juga tahu titik mana dari drumnya yang mengeluarkan suara drum terbaiknya. Karena saya sendiri pengalaman dari studio recording saya, drumnya sama tapi drummer yang memainkannya beda, hasil rekamannya bisa sangat jauh berbeda lho!

Ini saya alami langsung! Jadi memang si drummernya dulu yang harus mengerti dan menguasai dua hal ini baru kemudian nanti dia bisa mulai mencari sound drum yang dia inginkan dari drumsetnya dia.

Semoga sharing dari saya bisa bermanfaat. Buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi pembelajaran drum yang lebih dari saya bisa ikutan aja jadi member di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com yang mana syarat untuk jadi membernya ada dua, yaitu punya akun gmail dan bersedia membayar iuran bulanannya.

Berapa iuran bulanannya? Yuk teman-teman langsung saja mengklik pada banner di bawah ini untuk mengetahuinya.

http://iman-prabawa.blogspot.com/p/biaya-kursus.html

Kalau begitu sampai ketemu di member area ya. Saya sudahi dulu artikel cara mendapatkan sound drum yang asik ini. Salam drummer!



Baca juga :
  1. Teknik Breakdown di Drum
  2. Cara Bermain Drum Untuk Pemula
  3. Latihan Double Pedal Tanpa Pedal

Wednesday, March 4, 2015

Cara Bermain Drum Untuk Pemula

Belajar Drum Iman Prabawa - Cara bermain drum untuk pemula ini saya buat untuk teman-teman yang memang mencari cara bermain drum dan berlatih dari awal sekali. Sebenarnya ini juga tergantung dari niat teman-teman dalam bermain drum itu untuk apa dulu. Kalau hanya sekedar iseng aja untuk menghabiskan waktu saja, maka berlatih bermain beat drum saya rasa sudah cukup sebagai permulaan untuk teman-teman bermain drum.

Atau ikuti saja ketukan yang teman-teman dengar di dalam sebuah lagu yang teman-teman sukai. Tapi mulai dulu dari lagu yang gampang ya. Nah untuk tahu sebuah lagu itu gampang atau susah gimana caranya? Coba aja ikuti dulu, kalau susah ngikutinnya berarti itu lagunya susah. Tapi kalau secara gampang aja teman-teman sudah bisa mengikuti cara bermainnya, itu berarti lagunya gampang.

Silakan teman-teman mulai darisitu saja, ikuti dan ikuti. Kalau teman-teman ingin yang lebih lanjut lagi bisa ikutan di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com dimana disitu saya akan memberikan materi pembelajaran drum secara bertahap, sehingga teman-teman bisa mengikuti dan tidak bingung harus mulai dari mana untuk memulai pelajaran drum dari teman-teman tersebut.

Cara Bermain Drum Untuk Pemula


Coba teman-teman cari aja belajar drum pemula di youtube, nanti akan keluar banyak video pelajaran drum dari saya. Oh iya, kalau teman-teman mau menjadi member di sekolah drum online saya, silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di bawah ini untuk detail mengenai gimana cara bergabungnya dan berapa sih iuran tiap bulannya yang teman-teman harus bayar?

Yuk langsung aja kita klik pada banner di bawah ini..

http://iman-prabawa.blogspot.com/p/biaya-kursus.html

Kalau begitu saya sudahi dulu ya artikel mengenai cara bermain drum untuk pemula ini. Sampai ketemu di kelas drum online saya. Salam drummer!



Baca juga :
  1. Drum Yang Paling Bagus
  2. Belajar Drum Otodidak
  3. Teknik Main Drum Double Pedal

Latihan Double Pedal Tanpa Pedal

Belajar Drum Iman Prabawa - Kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya mengenai latihan double pedal tanpa pedal. Saya pernah membuat videonya di youtube channel saya mengenai gimana kita bisa latihan double pedal tanpa menggunakan pedal.

Nah kemudian ternyata ada teman kita yang bertanya pertanyaan seperti yang saya copy pastekan di bawah ini.

mau tanya nih mas iman..seberapa efektif kah latihan double pedal tanpa make pedal (Air drumming).

 Latihan Double Pedal Tanpa Pedal Apakah Efektif?

Saya sendiri membuat video pembelajaran drum di youtube channel saya, disitu saya menjelaskan bahwa, ketimbang kita ngga latihan sama sekali, latihan ini akan membantu kita banyak. Jadi kalau kita bandingkan dengan kita punya double pedal ya pastinya akan jauh sekali faktor efektifnya, karena kalau kita hanya melatih tanpa double pedal kita hanya melatih gerakan singkron kaki kita aja, jadi nantinya tidak berbarengan begitu kecepatan kita bertambah tinggi dalam memainkannya.

Hal itu yang sering terjadi kan? Kalau kecepatan kita bertambah tinggi biasanya mulai bareng deh antara kaki kiri dan kaki kanannya. Nah latihan double pedal tanpa double pedal bisa mengatasi hal itu, tapi ketika kita memainkannya di double pedal, pasti kita akan ada penyesuaian lagi tentunya.

Menyesuaikan dengan per dari pedal yang bersangkutan, kemudian cara menginjaknya juga kita harus sesuaikan dengan pedal kita juga. Makanya di video itu saya bilang, latihan ini sangat berguna ketimbang kita sama sekali ngga latihan dan hanya bisa ngayal doang atau beralasan, gue ngga punya double pedal makanya gue ngga bisa latihan.

Untuk alasan-alasan itu mendingan kita latihan aja tanpa menggunakan double pedal, dan kalau ada waktu untuk bisa meminjam atau menggunakan double pedal kita gunakan waktu kita itu untuk memaksimalkan latihannya, sementara di satu sisi kaki kita sudah terlatih lebih baik karena kita terbiasa latihan double pedal tanpa pedal ini.

Semoga sharing dari saya ini bisa menjawab pertanyaannya yaa. Buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi pelajaran drum yang lebih lagi bisa ikutan jadi member di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com dimana disitu nanti teman-teman akan mendapatkan materi yang jauh lebih keren lagi dan teman-teman juga bisa bertanya kalau ada materi yang tidak teman-teman mengerti.

Untuk detail gimana cara gabung jadi membernya, silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di bawah ini.

http://iman-prabawa.blogspot.com/p/biaya-kursus.html

Kalau begitu saya sudahi dulu ya tulisan mengenai latihan double pedal tanpa pedal ini. Salam drummer!



Baca juga :
  1. Kenapa Disebut 8 Beat?
  2. Wajar Ngga Ganti Guru Drum?
  3. Teknik Breakdown Di Drum

Tuesday, March 3, 2015

Teknik Breakdown Di Drum

Belajar Drum Iman Prabawa - Saya mau sharing mengenai teknik breakdown di drum. Teknik breakdown ini adalah teknik yang banyak dimainkan di musik metal, maksudnya pemain gitar, bass, dan drum memainkan ritem yang sama. Nah itulah yang dinamakan dengan teknik breakdown.

Untuk lebih detailnya mengenai hal ini kebetulan saya sendiri belum pernah membuat videonya, tapi teman-teman bisa langsung saja search di youtube, karena tadi barusan saya melihat bahwa ada videonya, dan juga berbahasa Indonesia pula. Jadi teman-teman bisa langsung saja melihat dan memainkan dan juga belajar memainkan teknik breakdown di drum ini.

Teknik Breakdown Di Drum


Saran saya dalam latihan, gunakanlah metronome dan juga mulailah dari tempo yang lambat. Dan bersabarlah, karena memang semuanya butuh waktu dan proses. Drummer yang teman-teman lihat di youtube mereka itu tidak memperoleh kemampuan bermain drumnya dalam waktu satu hari, atau pun seminggu atau pun sebulan.

Mereka berlatih selama bertahun-tahun sampai akhirnya mereka bisa memainkan teknik-teknik tinggi di drum dengan santainya. Itu karena mereka sudah latihan cukup lama. Coba kalau kita baru belajar, kan keliatan banget kita belum bisa santai memainkannya.

Sama seperti kita belajar naik sepeda. Awal-awal kita pasti kelihatan ngga santai, dan kalau disuruh santai juga susah. Namanya juga baru belajar, tapi seiring dengan kita sering naik sepeda dan sering naik sepeda dan terus, pada akhirnya kita bisa lepas tangan kita saat kita mengendari sepeda kita.

Kok bisa? Sementara dulu ngga bisa! Nah itu karena sering dilakukan dan dilakukan terus menerus, hingga akhirnya teman-teman pun bisa memainkannya dengan santai. Jadi para master drummer itu sudah melalui latihan berjam-jam selama beberapa tahun sehingga mereka bisa terlihat santai dalam memainkan drumnya.

Jadi selamat mencari videonya dan selamat berlatih juga ya. Saya akhiri dulu artikel mengenai teknik breakdown di drum ini.

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi pelajaran drum yang lebih lagi bisa ikutan jadi member di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com dimana disitu nanti teman-teman akan mendapatkan materi yang jauh lebih keren lagi dan teman-teman juga bisa bertanya kalau ada materi yang tidak teman-teman mengerti.

Untuk detail gimana cara gabung jadi membernya, silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di bawah ini.

http://www.belajardrumiman.com/p/sekolah-drum-iman-prabawa.html




Baca juga :
  1. Wajar Ngga Ganti Guru Drum?
  2. Kenapa Disebut 8 Beat?
  3. Tanda Dibawah Garis Birama

Wajar Ngga Ganti Guru Drum?

Belajar Drum Iman Prabawa - Kemarin saya mendapatkan pertanyaan melalui BBM saya, teman-teman kalau mau menginvite BBM saya silakan aja, juga teman-teman bisa ikutan di Channel BBM Sekolah Drum Iman Prabawa, yang mana saya juga akan sharing tentang pelajaran drum disana. Channel pinnya adalah C0025A197 sementara kalau pin BB saya sendiri adalah 535BCCF5.

Teman kita tersebut bertanya wajar ngga ganti guru drum? Nah kita coba jawab yuk pertanyaan teman kita berikut ini.

Wajarkah Ganti Guru Drum?


Guru drum itu kalau menurut saya cocok-cocokan. Jadi memang ada yang cocok dengan cara pengajaran yang saya ajarkan, ada juga yang tidak cocok. Jadi saran saya kalau teman-teman memang ingin berguru, coba ketemu aja dulu ngobrol dengan guru yang bersangkutan dan disitu tanya aja apa yang teman-teman akan tanyakan.

Jangan melihat guru itu hanya dari jago bermain drumnya saja. Karena bisa jadi sangat beda ketika ngajar, karena kalau bermain dia kan tidak harus berpikir tentang muridnya, sementara kalau mengajar dia harus transfer ilmunya kepada muridnya.

Guru yang jago dalam bermain belum tentu bisa mengajar. Mengajar itu butuh kesabaran ekstra, untuk melihat muridnya kesulitan dalam memainkan drum dan kemudian mencari solusi untuk gimana cara muridnya pada akhirnya bisa memainkan apa yang dia sampaikan.

Kalau saya sendiri coba dulu aja, misalnya selama 3 bulan, dan coba praktekkan apa yang dikasih oleh guru tersebut, tapi beneran dilatih ya. Disitu kan teman-teman jadi bisa melihat apakah yang diajarkan itu memang membuat kita berkembang atau tidak.

Pindah guru juga membuat kita bisa punya pilihan. Kadang kita merasa bahwa guru kita ngga enak, tapi begitu kita pindah guru, nah baru ada perbandingan, ternyata guru kita yang sebelumnya jauh lebih enak dari yang sekarang. Dengan begitu kan teman-teman jadi sadar tho?

Dan kalau teman-teman mau balik lagi ke guru lama teman-teman juga ngga papa. Pastinya kalau teman-teman balik lagi ke guru lama teman-teman, sekarang teman-teman akan jauh lebih mendengarkan dan melatih apa yang dia sampaikan kan?

Saya pernah dan sering mengalami begitu juga. Murid yang berhenti dari saya dan kemudian belajar di tempat lain. Setelah 5 tahun balik lagi belajar ke saya, dia merasakan beda banget ternyata, dan ternyata merasa lebih cocok dengan cara pengajaran saya.

Kira-kira seperti itu masukan dari saya mengenai pertanyaan wajar ngga sih ganti guru drum ini. Buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi pelajaran drum yang lebih lagi bisa ikutan jadi member di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com dimana disitu nanti teman-teman akan mendapatkan materi yang jauh lebih keren lagi dan teman-teman juga bisa bertanya kalau ada materi yang tidak teman-teman mengerti.

Untuk detail gimana cara gabung jadi membernya, silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di bawah ini.

http://www.belajardrumiman.com/p/sekolah-drum-iman-prabawa.html




Baca juga :
  1. Kenapa Disebut 8 Beat?
  2. Tanda Dibawah Garis Birama
  3. Main Double Pedal Kaki Terasa Sakit

Monday, March 2, 2015

Kenapa Disebut 8 Beat?

Belajar Drum Iman Prabawa - Ada pembahasan menarik di group facebook Ikatan Drummer Indonesia mengenai kenapa disebut 8 beat. Biasanya kalau kita pertama belajar drum nanti akan diajarin mengenai 8 beat nih. Yuk ini saya copy pastekan diskusi yang dimulai dari salah satu teman kita disana.



Kenapa Ya Disebut 8 Beat?


Ini saya copy pastekan aja ya dari group di facebook tersebut..

Diskusi yuk.... Kenapa disebut 8 beat? Apakah hihatnya harus 1/8?

Iwan Sentosa Kismaraharja Hihat yang mana Master?
Apa yang di hihat by foot control, atau hihat by hand?
February 28 at 8:09am · Like · 1

Oscar Meinardo Yg di hand mas, kdg utk 16 beat juga kdg saya suka bingung dibilang 16beat apakah hrs 1/16 full atau fragments
February 28 at 9:05am · Like · 1

Iwan Sentosa Kismaraharja Nah itu dia Master.
Sebenarnya istilah 8 beat itu bisa berarti banyak macam.
Jika melihat secara mudahnya, memang memainkan 8 beat bisa dengan memainkan hihat by hand sebanyak 8 kali.
Namun 8 beat bisa diartikan tempo permainan, jika tidak ada bantuan metronome, 8 beat di istilahkan untuk tempo 60-120bpm, karena idealnya memainkan 8beat ditempo itu.
Namun kadang, jika ingin memainkan 8beat di tempo 120bpm ke atas, maka bisa menggunakan dua tangan di hihat.
Perkembangannya, 8beat itu bisa menjadi 8 off beat, yang bisa diistilahkan memainkan 8beat secara linier, biasanya di genre reggae.
Itu sepengetahuan saya Master Oscar Meinardo.
Maaf jika ada kesalahan.
February 28 at 9:20am · Edited · Like · 1

Raymond Almanto #nyimak
February 28 at 9:46am · Like

Oscar Meinardo Nah...misal 8 beat tp hihatnya up beat 1/8 bisa disebut 8 beat ga mas Iwan Sentosa Kismaraharja? Kan komposisinya notasi 1/8 semua tuh, cuma hitungan down nya rest note 1/8, colek mas Denny Ajd ah...
February 28 at 9:53am · Like · 1

Iwan Sentosa Kismaraharja Bisa Master Oscar Meinardo.
8beat yang hihat nya up beat juga disebut 8 off beat.
February 28 at 9:55am · Like

Oscar Meinardo Jd intinya disebut 8 beat komposisi utama notasi 1/8 harus di hihat ya mas Iwan Sentosa Kismaraharja?
February 28 at 9:58am · Like · 1

Iwan Sentosa Kismaraharja Nah kalau itu sih saya juga bingung Master.
Namun saya lebih suka menerapkan istilah 8 beat untuk tempo.
Soalnya, tidak semua player paham metronome, lebih enaknya nyebut istilah 8 beat.
February 28 at 10:01am · Like

Denny Ajd Bentar lagi tugas juri dan clinic di Jogja ahahaha
February 28 at 10:06am · Like · 3

Oscar Meinardo Kalo dibuku si 8 beat identik dgn hihat 1/8 mas Iwan Sentosa Kismaraharja, 16 beat juga sama, cm yg bikin saya bingung knp hrs di hihat, bbrp murid saya yg cerdas ada yg nanya "knp namanya 8 beat?" hahaha pertanyaan sederhana yg bikin gurunya mikir
February 28 at 10:29am · Like · 2

Raymond Almanto Trus km jwb apa ke muridnya os? Hahaha
February 28 at 10:33am · Like

Iwan Sentosa Kismaraharja Kalau saya, ya itu jawaban rasional nya Master.
Cuman, kembali lagi, itu hanya istilah.
Sama saja dengan, kita bilang mawar, orang amrik bilang itu rose, apa bedanya?
Ya itu istilah aja sih Master.
February 28 at 10:34am · Like · 1

Dave Drum-holicz Nyimak..
February 28 at 11:53am · Like

Oscar Meinardo Saya jawab karena hihatnya 1/8 om Raymond Almanto
February 28 at 11:54am · Like · 1

Wahyudi Onyenk Iya...ya...knp ? Sy jwbnya ya sama kyk sampyan mas oscar. Mmg bnrnya gmn ? #mikir
February 28 at 12:08pm · Like


Kalau menurut saya sendiri sih, dinamakan 8 beat karena not yang digunakan dalam membentuk beat tersebut adalah not-not 1/8. Karena kalau kita lihat dari pelajaran yang ada yang berbahasa Inggris mereka menyebutnya Eight Note Beats, dimana ada kata eight notenya, yang berarti not 1/8.

Itu sih kalau menurut saya, jadi diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi 8 beat, kalau yang nerjemahinnya delapan ketukan gimana? Belajar beat delapan ketukan. Atau ketukan delapan? Dari segi menerjemahkannya artinya jadi aneh dan ngebuat kita bingung ya? Tapi kalau kita mengacu ke bahasa Inggrisnya saya rasa sih ngga jadi ngebuat kita bingung.

Ini menurut pemahaman saya lho yaa..

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi pelajaran drum yang lebih lagi bisa ikutan jadi member di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com dimana disitu nanti teman-teman akan mendapatkan materi yang jauh lebih keren lagi dan teman-teman juga bisa bertanya kalau ada materi yang tidak teman-teman mengerti.

Untuk detail gimana cara gabung jadi membernya, silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di bawah ini.

http://www.belajardrumiman.com/p/sekolah-drum-iman-prabawa.html






Baca juga :
  1. Tanda Dibawah Garis Birama
  2. Main Double Pedal Kaki Terasa Sakit
  3. Menghilangkan Jamur Di Cymbal

Tanda Dibawah Garis Birama

Belajar Drum Iman Prabawa - Tanda dibawah garis birama ini ditanyakan oleh salah satu teman kita yang berada di group facebook Ikatan Drummer Indonesia. Yuk kita langsung saja melihat pada gambar dan pertanyaannya di bawah ini.

Tanda Dibawah Garis Birama

Nah kebetulan sudah dijawab oleh salah satu master drummer yang ada di group Ikatan Drummer Indonesia, jadi saya ngga perlu jawab lagi dong ya? Hihihi kriuk kriuk. Ini saya copy pastekan ya jawabannya.

setau saya sih biasa di atas, namanya marcato atau cap.. kalau dalam bigband chart context, biasa dimainkan dengan short note.. kalau yang sebelah kanan, itu accent.

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan pembelajaran drum dan sharing drum yang gratisan, silakan teman-teman bisa ikutan gabung di group facebook Ikatan Drummer Indonesia. Kita sering mengadakan kopdar, dan biasanya kalau acara kopdar itu ada pembelajaran drumnya juga. Kita membawa stick drum dan juga pad drum.

Kadang kalau kopdarnya di studio musik ya berarti kita belajar dari salah satu master yang akan sharing pembelajaran drum ke kita semuanya. Sehingga kan nongkrong kita jadi jelas, ngga cuma nongkrong yang ngga bermanfaat, tapi kita belajar juga disitu.

Seru kan? Yuk ikutan gabung aja! Atau teman-teman ingin ikutan di website berbayar saya? Dimana teman-teman akan mendapatkan materi pembelajaran drum dari saya secara berurutan dan tahapan yang jelas. Dari NOL banget yang akan saya berikan, jadi teman-teman ngga perlu juga nyari buku pelajaran drum untuk dibeli.

Kalau ikutan jadi member enak, tinggal log in aja terus baca artikel saya disitu. Ngga hanya artikel saja, tapi ada video dan juga gambarnya, sehingga teman-teman akan berasa les drum! Tinggal kemudian apa yang sudah saya berikan disitu tinggal teman-teman latih aja di rumah.

Ngga punya drum di rumah? Tenang! Niat tapi punya dong? Itu yang paling penting! Teman-teman bisa sewa drum untuk melatih apa yang saya sharingkan disitu. Ah saya mah pingin les drum secara offline aja karena saya ngga punya drum! Lho? Emang bisa kalau latihan drumnya cuma ngandelin pas saat les drum doang? Ya ngga bisa lah! Tetap di luar waktu les drum kita harus tetap latihan juga! Kan nanti biasanya suka dikasih PR sama gurunya.

Gurunya akan bilang, "Dilatih di rumah ya! Minggu depan harus udah bisa!". Nah lho gimana tuh kalau ngga punya drum? Ujung-ujungnya sewa studio juga buat ngelatihnya kan? Nah memang begitu kalau memang ingin bisa bermain drum dengan baik. Harus banyak latihan!

Makanya ikut aja belajar di website berbayar saya, di www.SekolahDrumImanPrabawa.com dimana iuran bulanannya juga sangat murah sekali dan juga nanti kalau ada yang teman-teman bingung, teman-teman bisa bertanya. Jadi mantabz kan? Nah gimana cara jadi membernya? Yuk langsung aja klik pada banner di bawah ini untuk detail lengkapnya.

http://www.belajardrumiman.com/p/sekolah-drum-iman-prabawa.html

Kalau begitu saya sudahi dulu artikel tanda dibawah garis birama ini. Salam drummer!



Baca juga :
  1. Main Double Pedal Kaki Terasa Sakit
  2. Menghilangkan Jamur Di Cymbal
  3. Harga Drum

Sunday, March 1, 2015

Main Double Pedal Kaki Terasa Sakit

Belajar Drum Iman Prabawa - Kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang diajukan di forum Ikatan Drummer Indonesia di facebook, buat teman-teman yang ingin ikutan belajar drum dan sharing drum secara gratisan, bisa ikutan dan gabung disana. Karena banyak juga disana para master yang sharing ilmu drumnya secara gratisan.

Teman kita tersebut bertanya mengapa kalau dia habis main double pedal kakinya terasa sakit. Biasanya kalau terjadi masalah seperti ini, bisa jadi cara latihannya yang salah. Bisa jadi cara latihannya terlalu diforsir, atau bisa jadi cara menginjak pedalnya yang juga salah.

 

Cara Main Double Pedal Biar Kaki Tidak Terasa Sakit


Saran saya mulai dari yang perlahan-lahan saja, baru kemudian tingkatkan kecepatannya. Mulailah dari tempo yang lambat dimana kaki kita nyaman. Tetap disitu aja dulu dan juga latihannya jangan langsung diforsir.

Persis seperti kita misalnya baru mulai olahraga, misalnya main bola, biasanya seharian main bola, dari yang biasanya ngga pernah, langsung kaki kita besoknya jadi pegal bahkan sakit. Nah itu wajar kan? Di drum juga gitu, dan untuk menghilangkannya mulailah selalu secara bertahap.

Selalu mulai dengan tempo yang lambat yang teman-teman merasa nyaman, dan kemudian kalau memang belum terbiasa latihan lama, latihan sebentar dulu aja, misalnya 30 menit dulu untuk hari ini. Besoknya juga.

Kalau masih terasa sakit, coba aja 15 menit dulu selama seminggu, baru tingkatkan minggu depannya naikin 5 menit dan nanti akhirnya teman-teman bisa lama deh main drumnya dan tidak sakit juga.

Jadi intinya sih jangan diforsir dan butuh bertahap semuanya. Pelan-pelan aja dan meningkat kalau kita sudah mulai nyaman. Semoga bisa menjawab pertanyaannya yaa..

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi pelajaran drum yang lebih lagi bisa ikutan jadi member di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com dimana disitu nanti teman-teman akan mendapatkan materi yang jauh lebih keren lagi dan teman-teman juga bisa bertanya kalau ada materi yang tidak teman-teman mengerti.

Untuk detail gimana cara gabung jadi membernya, silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di bawah ini.

http://iman-prabawa.blogspot.com/p/biaya-kursus.html


Saya sudahi dulu artikel main double pedal kaki terasa sakit ini ya. Salam drummer!



Baca juga :
  1. Menghilangkan Jamur Di Cymbal
  2. Harga Drum
  3. Teknik Menjadikan Tangan Secepat Kilat

Menghilangkan Jamur Di Cymbal

Kali ini saya mau sharing dan membahas mengenai cara menghilangkan jamur di cymbal. Kebetulan tadi di forum di facebook ada yang bertanya mengenai hal ini disana. Yuk kita baca pertanyaan lengkapnya mereka seperti apa.

Master, gimana caranya menghilangkan jamur yang ada di simbal ?

Nah sekarang saya mau menjawabnya yaa..

Teman-teman bisa menggunakan LOC Metal Cleaner untuk menghilangkan jamur. Jamur ini biasanya disebut juga dengan istilah patina cymbal, yang mana bisa jadi patina cymbal ini justru bisa membuat sound cymbal jadi lebih enak.

Untuk beberapa cymbal memang iya, biasanya untuk karakter cymbal yang dry, akan menjadi jauh lebih enak kalau ada patina cymbalnya.

Nah untuk membeli LOC metal cleanernya, teman-teman bisa membaca artikel saya yang ini, jual pembersih cymbal, saya sendiri sudah menggunakannya ke banyak cymbal yang saya punya.

Kalau begitu demikian sharing dari saya, semoga bisa bermanfaat, saya sudahi dulu artikel menghilangkan jamur di cymbal ini. Salam drummer!

Buat teman-teman yang ingin mendapatkan materi pelajaran drum yang lebih lagi bisa ikutan jadi member di website berbayar saya, SekolahDrumImanPrabawa.com dimana disitu nanti teman-teman akan mendapatkan materi yang jauh lebih keren lagi dan teman-teman juga bisa bertanya kalau ada materi yang tidak teman-teman mengerti.

Untuk detail gimana cara gabung jadi membernya, silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di bawah ini.

http://iman-prabawa.blogspot.com/p/biaya-kursus.html




Baca juga :
  1. Harga Drum
  2. Cara Memukul Snare
  3. Chord Drum