Saturday, April 6, 2013

Sekolah Otodidak

belajar-drum-iman-prabawa
Belajar Drum Iman Prabawa - Kali ini saya akan membahas mengenai sekolah otodidak, maksudnya adalah mana yang lebih baik, apakah sekolah musik atau belajar bermusik secara otodidak? Hal ini juga sangat banyak ditanyakan di  facebook saya, oleh karena itu saya ingin mengangkat artikel belajar musik melalui sekolah dengan belajar musik melalui cara otodidak.




Keuntungan Belajar Secara Sekolah

 

Nah kita langsung saja membahas yang nomor satu ini belajar musik melalui sekolah. Kalau yang saya alami, dengan belajar musik melalui jalur formal seperti ini banyak keuntungannya. Yang paling menonjol adalah lama waktu belajarnya. Kalau kita belajar melalui sekolahan seperti ini waktu untuk kita menjadi jago menjadi lebih cepat. Kenapa? Karena kita langsung belajar dengan orang yang memang sudah lebih dulu daripada kita.
Mereka sudah melalui banyak proses, dan mereka bisa memberitahukan cara mana yang tidak berhasil dan cara mana yang berhasil, sehingga kita dalam belajar juga menjadi jauh lebih cepat. Itulah mengapa orang-orang yang belajar musik melalui sekolahan cepat bisanya, ditambah lagi kalau kita belajar di sekolah kita punya teman-teman yang sama-sama belajar dengan kita, sehingga proses sharing dan belajar bersama pun menjadi jauh lebih gampang.
Namun disamping kelebihannya kekurangan belajar melalui sekolah seperti ini, karena sudah ada kurikulum bakunya, muridnya biasanya menjadi takut salah. Takut untuk mencoba hal-hal yang baru, karena mereka sudah ditanamkan di dalam belajar, bahwa yang ini salah, yang itu benar, sehingga secara tidak sadar akan membentuk mereka juga.
Dan lagi karena satu tempat belajar, biasanya murid-muridnya nanti akan lulus dengan seragam. Ibaratnya akan mempunyai skill yang seragam.

Belajar Secara Otodidak

 

Belajar secara otodidak sudah pasti akan jauh lebih lama untuk bisa jago. Karena kita belajar dari coba-coba sendiri, tanya sana tanya sini, belum tentu yang kita tanya itu sudah tahu. Kadang-kadang hanya karena gengsi saja mereka seperti terlihat sudah tahu dan mereka memberikan jawaban yang seadanya saja, supaya tidak terlihat bahwa mereka tidak tahu.
Nah jadi proses belajar otodidak memakan waktu jauh lebih lama ketimbang kalau kita belajar dari sekolahan. Namun yang bagusnya dari proses belajar otodidak adalah kita jadi tahu mana yang salah, dan kenapa itu salah. Karena kita sudah mencobanya sendirian. Juga orang otodidak akan lebih banyak penasaran dan berani mencoba dan berani untuk salah ketimbang orang yang sekolahan. Itu pengalaman yang saya rasakan sih. Kalau teman-teman ada yang merasakan lain, silakan aja karena tiap orang kan pengalaman hidupnya berbeda-beda ya.
Nah kira-kira kalau dari saya seperti itu, kita sudahi saja artikel mengenai sekolah otodidak ini. Sampai ketemu di tulisan saya berikutnya dan salam drummer..

No comments:

Post a Comment