Friday, July 5, 2013

Software Untuk Membuat Minus One Drum

Software Untuk Membuat Minus One Drum
Kali ini saya akan sharing mengenai software untuk membuat minus one drum, nah buat teman-teman yang masih bingung minus one itu apa? Teman-teman bisa membaca dulu artikel saya mengenai apa itu minus one. Nah kalau teman-teman sudah membacanya baru kita lanjut lagi langsung ke software untuk membuat minus one drum.

Untuk membuat minus one drum banyak software yang bisa kita gunakan sebenarnya, kita bisa membuatnya dengan MIDI atau bisa juga dengan instrument aslinya. Kalau dengan MIDI ada beberapa software yang bisa kita gunakan antara lain seperti Fruitty Loop dan Reason, juga sebenarnya masih banyak yang lain, namun sebagai gambaran saya berikan dua buah software itu saja.
Karena kalau teman-teman sudah melihat dan mencoba software tersebut nanti juga teman-teman akan bisa mencari sendiri software yang lain selain yang dua yang sudah saya sebutkan tersebut.
Nah mungkin teman-teman bertanya, apa sih bedanya antara MIDI dengan instrument aslinya? Kalau minus onenya kita buat dari MIDI nanti soundnya akan jelas terdengar seperti, gimana ya bilangnya? Walau kesini-sini memang banyak sound MIDI yang mendekati suara instrument yang asli.
Saya mungkin perlu jelaskan sedikit mengenai MIDI, ini saya jelaskan singkat aja ya. MIDI singkatan dari Musical Instrument Digital Interface, atau dalam bahasa mudahnya adalah Musical Instrument disini artinya adalah instrument musik, Digital Interface yang berbasiskan format digital.
Jadi secara gampangnya MIDI adalah instrument musik yang berbasiskan digital, untuk hal ini teman-teman butuh sebuah alatnya, katakanlah teman-teman memfungsikan keyboard komputer teman-teman sebagai media untuk mengetiknya, kemudian nanti ketika disambung dengan softwarenya, keyboard komputer teman-teman nanti akan bisa menghasilkan suara.
Dimana suaranya itu bisa kita pilih berdasarkan pilihan sound yang tersedia dari software tersebut. Makin kesini memang makin canggih sound yang ada, kita menyebutnya sebagai Sound Library, atau perpustakaan sound kalau bahasa Indonesianya ya.
Mau kita pencet keyboard terus suara anjing menggonggong juga bisa kalau di sound librarynya memang ada pilihan seperti itu. Nah beda kan sama suara instrument musik asli? Misal gitar deh, gimana mungkin sebuah gitar bisa mengeluarkan suara anjing menggonggong? Ngga bisa kan? Karena suara asli gitar tidak seperti itu, tapi nanti kalau gitarnya teman-teman pasangin MIDI bisa juga.
Jadi gitar tersebut akan berperan sebagai alat yang menggantikan keyboard komputer tadi, dimana suara si gitar tersebut tidak akan berbunyi gitar, namun ya harus dipasangin alat dulu di gitarnya, baru deh bisa seperti itu, atau memang gitar yang khusus untuk itu. Misal kaya kita bermain game Guitar Hero, kan itu ada alat gitarnya yang nanti akan menghasilkan sound tertentu.
Kira-kira seperti itu, nah kalau untuk software yang untuk merekam instrument aslinya antara lain ada Cubase, Nuendo, Pro Tools, Logic, Sonar dan banyaaakk lagi yang lain. Nanti teman-teman bisa merekam semua instrument kecuali drum, jadi deh musik minus one tanpa drum.
Nanti di tulisan saya yang lain saya akan membahas prosesnya, kalau begitu kita sudahi dulu saja artikel mengenai software untuk membuat minus one ini. 


Artikel Terkait :

  1. Tips Membuat Drum Cover
  2. Proses Rekaman Musik
  3. Program Untuk Menghilangkan Suara Drum
  4. Bahaya Menggunakan Earphone

No comments:

Post a Comment